PENGARUH GAME ONLINE BAGI PELAJAR
Dalam 10 tahun
terakhir, permainan elektronik atau yang kita sering sebut dengan game online
telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ini bisa kita lihat di kota-kota
besar, tidak terkecuali juga kota-kota kecil, banyak sekali game center yang
muncul. Game center itu sendiri tidak seperti halnya warnet, mereka memiliki
pelanggan tetap yang lebih banyak daripada warnet. Inilah yang membuat game
center hampir selalu ramai dikunjungi.
Game saat ini tidak
seperti game terdahulu, jika dahulu game hanya bisa maksimal dimainkan dua
orang, sekarang dengan kemajuan teknologi terutama jaringan internet, game bisa
dimainkan 100 orang lebih sekaligus dalam waktu yang bersamaan.
Walaupun game
ditujukan untuk anak-anak, tidak sedikit pula orang dewasa kerap memainkannya
bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai pekerjaan dan mendapat
penghasilan dari bermain game.
Game Online juga
membawa dampak yang besar terutama pada perkembangan anak maupun jiwa
seseorang. Walaupun kita dapat bersosialisasi dalam game online dengan pemain
lainnya, Game online kerap membuat pemainnya melupakan kehidupan sosial dalam
kehidupan sebenarnya.
1. PENGERTIAN DARI GAME ONLINE
Game Online atau
sering disebut Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di
dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet).
2. DAMPAK BAIK DAN BURUK DARI GAME ONLINE
Game online muncul tidak hanya mempengaruhi
kehidupan social pemainnya dalam dunia nyata tetapi juga terkadang mempengaruhi
kejiwaan seseorang apabila memainkannya terlalu lama. Seperti yang dilansir
ketok.com, gara-gara sebuah game, seorang pemuda di amerika serikat nekad
menusuk temannya sendiri. Bahkan anak-anak yang kecanduan bermain game sering
membolos dari sekolahnya agar bisa melanjutkan petualangannya di dunia maya.
Akan tetapi dari segi bisnis, game online
masih memiliki prospek bagus kedepannya. Dengan kehadiran games online ini, orang-orang
bisa menciptakan lapangan kerja sendiri yaitu games center, atau menjadi
pengembang games sehingga dapat mengurangi angka pengangguran. Game online juga
bisa meningkatkan kemampuan bekerja sama pada otak anak seperti yang dilansir
ketok.com.
3. SEJARAH DAN PERKEMBANGAN GAME ONLINE
Perkembangan game
online sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan
jaringan computer itu sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan
cerminan dari pesatnya jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small
local network) sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang.
Games Online saat ini tidaklah sama seperti ketika games online diperkenalkan
untuk pertama kalinya. Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960, computer
hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu muncullah
computer dengan kemampuan time-sharing sehingga pemain yang
bisa memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus berada di suatu
ruangan yang sama (Multiplayer Games).
Lalu pada tahun 1970
ketika muncul jaringan computer berbasis paket (packet based computer
networking), jaringan computer tidak hanya sebatas LAN saja tetapi sudah
mencakup WAN dan menjadi Internet. Game online pertama kali muncul kebanyakan
adalah game-game simulasi perang ataupun pesawat yang dipakai untuk kepentingan
militer yang akhirnya dilepas lalu dikomersialkan, game-game ini kemudian
menginspirasi game-game yang lain muncul dan berkembang. Pada tahun 2001 adalah
puncak dari demam dotcom, sehingga penyebaran informasi mengenai game online semakin
cepat
4.
PERKEMBANGAN GAMES ONLINE DI INDONESIA
Menurut
Ligagame Indonesia(ligagames.com), game online muncul di Indonesia pada tahun
2001, dimulai dengan masuknya Nexia Online. Game online yang beredar di
Indonesia sendiri cukup beragam, mulai dari yang bergenre action, sport, maupun
RPG(role-playing game). Tercatat lebih dari 20 judul game online yang beredar
di Indonesia. Ini menandakan betapa besarnya antuiasme para gamer di Indonesia
dan juga besarnya pangsa pasar games di Indonesia.
ada beberapa game yang sering di mainkan secara ofline seperti Warcraft, Counterstrike, Age Of Empire,
Need For Speed Series yang juga banyak menyita perhatian para gamer di
Indonesia walaupun tidak sebesar game – game yang disebutkan diatas. Contohnya
Countersrtike lebih iast dimainkan pada mode LAN dibandingkan internet karena
latencynya yang besar dan servernya kurang cepat sehingga sewaktu bermain game
ada jeda membuat gamers menjadi tidak nyaman, begitu juga halnya dengan
Warcraft dan Age of empire.
5. TIPE_TIPE GAME ONLINE
- First Person Shooter(FPS), sesuai judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di iaster game jenis ini sering disebut game tembak-tembakan).
- . Real-Time Strategy, merupakan game yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter.
- Cross-Platform Online, merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda misalnya saja need for speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360 merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online).
- Browser Games, merupakan game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE. Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun flash.
- Massive Multiplayer Online Games, adalah game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata.
Tidak ada komentar